Apa itu Crypto Dan Bagaimana Proses Transaksinya?

Investasi menjadi salah satu bisnis yang semakin diminati dalam beberapa tahun terakhir, terlebih ketika dunia dilanda oleh pandemic covid-19 yang membuat banyak sector usaha mengalami kehancuran bahkan tidak sedikit orang yang merasakan dampak luar biasa pada perekonomiannya.

Kondisi inilah yang membuat banyak orang lebih melirik investasi sebagai sumber penghasilan barunya, jika dulu investasi dipandang sebagai bisnis yang berkembang dan memberikan keuntungan dalam jangka panjang maka saat ini investasi menjadi lebih menarik karna bisa dilakukan dengan waktu yang singkat, salah satunya adalah crypto.

Tak bisa dipungkiri bila saat ini Crypto telah menjadi salah satu komoditas investasi yang banyak diminati orang, dari yang awalnya sekedar penasaran, ikut – ikutan, hingga yang sudah benar – benar menekuni investasi ini karna potensinya yang dinilai sangat menjanjikan.

Alhasil investasi dalam crypto pun semakin meningkat baik dari jumlah peminatnya maupun volume transaksinya, hingga pada akhirnya crypto menjadi tren baru dalam dunia investasi. Bagi anda yang penasaran atau tertarik untuk mencobanya, alangkah baiknya bagi anda untuk mempelajari dan mengetahui lebih dasar tentang crypto itu sendiri.

Apa itu Crypto?

Pada awalnya, crypto atau cryptocurrency dibuat sebagai alat transaksi digital yang ditujukan khusus untuk para pengguna internet di mana semua orang bisa saling bertransaksi satu dengan yang lainnya secara online.

Meski dulu sempat dianggap tidak laku bahkan jarang sekali yang meliriknya, namun lambat laun mata uang kripto menjadi semakin diminati bahkan tercatat sejak tahun 2020 sejumlah Negara telah menggunakan mata uang Crypto sebagai salah satu alat transaksinya.

Meski begitu, Crypto juga tidak selalu dianggap sebagai solusi pengganti mata uang yang sudah ada lebih dulu di tiap Negara, beberapa pihak justru menilai bila mata uang digital seperti ini tidak sah untuk dijadikan sebagai alat transaksi.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada, bagaimana pendapat anda tentang crypto itu sendiri? Apakah anda akan menggunakannya atau hanya menganggap itu sebagai sarana bertransaksi saja yang tak bisa menggantikan peran mata uang aslinya?

Untuk bisa menilainya dan mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa sifat dasar dari Kripto yang wajib anda ketahui.

Mata uang baru

Jika dulu kita lebih mengenal mata uang sebagai alat transaksi yang sekaligus menjadi identitas dari setiap Negara, maka sejak adanya cryptocurency maka mata uang seakan telah bergeser fungsinya dan bisa jadi pertukaran mata uang antar Negara pun lambat laun akan semakin sepi dan tidak diminati lagi.

Karna bagaimana pun juga uang kripto bisa menggantikan peran dari semua perbedaan mata uang tersebut. Namun di sisi lain, berkat adanya uang kripto inilah maka transaksi jual beli menjadi semakin mudah dilakukan bahkan tak terbatas pada perbedaan Negara sekalipun.

Proses Transaksi

Bila dibandingkan dengan transaksi antar Negara atau bahkan antar bank sekalipun yang membutuhkan waktu cukup lama untuk memprosesnya, maka Cryptocurrency jelas bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah waktu pemrosesan tersebut pasalnya transaksi dalam crypto dapat dilangsungkan dengan sangat cepat bahkan hanya memerlukan hitungan menit saja.

Namun sayangnya transaksi crypto bersifat anonym yang berarti tidak adanya keterangan detail tentang sumber dan tujuan dari transaksi itu sendiri, artinya anda sebagai pemilik crypto hanya bisa melihat history transaksi yang pernah anda lakukan dengan kode wallet yang tidak memuat informasi secara gamblang.

Hal inilah yang membuat Crypto lebih rawan dan kerap disalahgunakan oleh beberapa pihak ketika melakukan transaksi illegal, hal ini juga yang membuat Crypto masih dilarang di beberapa Negara.