Keuntungan Arbitrase Dalam Trading Crypto

Dalam dunia perdagangan, Arbitrase telah menjadi istilah yang cukup populer dan tak jarang dilakukan oleh para pelaku dalam industry perdagangan itu sendiri. Hal yang sama juga berlaku dalam Cryptocurrency, mata uang digital ini juga faktanya selalu bisa memberikan potensi keuntungan yang menjanjikan ketika seorang trader maupun investor crypto mau melakukan arbitrase dalam aktivitas perdagangannya.

Arbitrase dalam Crypto, Apa itu?

Sama halnya dengan prinsip dagang, arbitrase menjadi salah satu strategi trading yang bertujuan untuk mengambil keuntungan sejumlah tertentu melalui ketidakseimbangan harga yang terjadi pada market yang berbeda.

Namun pada faktanya melakukan arbitrase tidak akan sesimpel itu, pelaku arbitrase atau yang biasa disebut sebagai arbitrageur dituntut harus bisa melakukan perdagangannya dengan sangat cepat karna bagaimana pun juga perbedaan harga antar market tidak akan berlangsung cukup lama, kondisi inilah yang mengharuskan setiap arbitrageur untuk dapat memanfaatkan kesempatan dalam waktu yang sangat singkat itu.

Bagaimana Caranya?

Sesuai dengan penjelasan singkat di atas, dapat diartikan bahwa Arbitrase merupakan strategi yang dilakukan untuk memanfaatkan perbedaan harga dari 2 market yang berbeda, itu artinya anda akan melibatkan beberapa market crypto untuk memantau perkembangan dan potensi adanya perbedaan harga tersebut.

Dengan kata lain, seorang arbitrageur harus memiliki banyak akun di masing – masing penyedia market cryptocurrency karna dengan begitu maka praktik arbitrase dapat dilakukan dengan lebih mudah. Singatnya, pelaku arbitrase dalam kripto akan membeli mata uang digital yang memiliki harga rendah di suatu market lalu dengan cepat menjualnya kembali di market lainnya yang menawarkan harga lebih tinggi.

Untuk lebih mempermudah dalam memahami praktik arbitrase dalam kripto, beberapa tipe arbitrase berikut ini mungkin bisa menjelaskan dengan lebih mudah.

  • Exchange Arbitrage

Dapat diartikan sebagai Arbitrase bursa, praktik arbitrase ini merupakan yang paling dasar atau telah disebutkan sekilas di atas bahwa seorang arbitrageur akan memanfaatkan volatilitas harga kripto yang tinggi untuk dapat meraup keuntungan melalui perbedaan harga yang tidak seimbang.

Sebagai contoh, arbitrageur akan melihat satu atau beberapa mata uang kripto dari 2 atau lebih market exchange yang ada, lalu dengan waktu yang singkat tersebut seorang arbitrageur akan membeli asset kripto di market A dengan penawaran harga yang lebih rendah untuk kemudian dijual kembali di market lainnya yang memiliki penawaran harga lebih tinggi.

  • Tringular Arbitrage

Sesuai namanya, arbitrase tipe ini akan melibatkan 3 jenis mata uang digital yang berbeda dalam market kripto. Misalnya, anda membeli BTC sebagai awalannya lalu mengkonversinya menjadi ETH ketika ada potensi lonjakan harga di cryptocurrency tersebut, kemudian barulah anda menukarnya dengan koin kripto lainnya yang menawarkan harga lebih tinggi.

Cara yang kedua ini jelas lebih memungkinkan untuk dilakukan mengingat pergerakan harga cepat sekali terjadi di market crypto, bahkan triangular arbitrage sangat mungkin untuk dilakukan pada satu market exchange saja tanpa perlu memantau harga di market lainnya meski itu tetap bisa anda lakukan jika memang bisa memberikan potensi keuntungan yang lebih besar.

Itulah penjelasan singkat mengenai arbitrase dalam trading Crypto, tujuan akhirnya tentu adalah untuk mendapatkan keuntungan dari adanya perbedaan potensi dari volatilitas harga kripto yang sangat tinggi. Namun beberapa pertimbangan juga perlu dilakukan mengingat setiap transaksi anda akan membutuhkan biaya lebih, misalnya seperti spread atau yang lainnya.